Cisco | Lab 6 - Intervlan

 Halo temen-temen, apa kabar kalian semua?

Ok di postingan kali ini saya akan lanjutkan pembahasan tentang cisco lagi. Bagi yang baru gabung bisa lihat pembahasan yang sebelumnya

 Di postingan kali ini saya akan membahas Intervlan Router dimana nantinya kita akan membuat pc client dapat IP secara DHCP dari Router dan dapat berkomunikasi.

Kurang lebih seperti itu implementasinya. Kita mempunya 8 Pc dengan 2 vlan dan 2 laptop yang terhubung pada Wireless. Ok daripada menunggu, langsung kita setting aja


Pertama kita Switch terlebih dahulu untuk membuat vlan dan menghubungkannya ke interface ke pc yang akan kita gabungkan dengan Vlan tersebut.


Dan sekarang kita sudah mempunyai vlan di kedua Switch. Selanjutnya, kita akan membuat trunk antar Switch dengan Router.


Trunk di Sw1 untuk Router


Jika sudah maka kita akan setting si Router nya

Pilih Interface yang terhubung pada SW lalu ketik no shoutdown karena disini Router masih dalam keadaan mati.


Lalu kita pilih interface tersebut dan tambah kan tanda titik ( . ) pada belakang interface dan masukan angka vlan berapa yang akan kalian setting. Contoh saya ingin setting vlan 10 maka saya akan mengetik f0/0.10 Nah .10 itu bisa kita terjemahkan Vlan 10. Jadi disini kita akan menyetting 2 vlan dengan IP yang berbeda.

Ketik saja seperti gambar dibawah ini


Nah sekarang kita ubah IP PC kita menjadi DHCP dan dia akan secara otomatis mendapat IP sesuai dengan yang telah disetting.









Dan disini ke 8 PC sudah mendapat IP. Namun bisa kita laptop kita belum terhubung dengan Wireless.


Kalian bisa lihat bahwa Wireless saya dan laptop tidak terhubung. Bagaimana cara menghubungkannya? Ok disini sebelumnya saya sudah setting wireless nya dengan SSID yang kanan AP2 dan kiri AP1 dengan password 12345678 . Tapi sebelum menghubungkan kita perlu mengganti sesuatu pada laptop. Nah untuk hal itu saya sudah menyiapkan video agar kalian tidak bingung.


Nah mungkin seperti itu cara menghubungkan laptop dengan Wireless.


Ok sekian pembahasan dari saya. Terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management