Cisco | Lab 4 - Konfigurasi Vlan

 Halo temen-temen, 

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang konfigurasi vlan pada Cisco Packet Tracer. Untuk memulainya, jangan lupa siapkan kopi dan cemilan agar tidak tegang.

Ok seperti itu implementasinya. Jadi kita memliki 4 PC dimana PC 1&2 di dalam Vlan 10 dan PC3&4 di dalam Vlan 20. Nah disini kita akan membuat IP si PC satu jaringan.

Ok langsung saja kita settingannya

Pertama pastikan anda sudah setting IP pada PC. lalu kita menuju Switch dan kita akan membuat vlan 10 dan 20 .

> enable

>conf t

> vlan 10

>name Lab1 (untuk nama terserah kalian )

>vlan 20

>name Lab2



Nah untuk mengecek apakah vlan kita terbuat atau belum, kalian bisa ketikan do show vlan

Disini vlan nya sudah terbuat lalu kita hubungkan. Pertama pilih Interface yang akan kita hubungkan ke vlan tersebut. Contoh disini PC1 dan 2 saya terhubung pada Interface Fa0/1 dan Fa0/2. Nah jika kalian hanya ingin satu persatu kalian bisa gunakan perintan int interface kalian tetapi jika kalian ingin mengonfignya secara bersamaan kalian gunakan int range interface1-interface2 dsb.



 

Disini vlan saya sudah terhubung dengan Interface yang saya inginkan. Nah jika sudah kita akan coba kirim data dalam satu vlan lebih tepatnya PC1 ke PC2 dan PC3 ke PC4


Dan bisa dilihat bahwa pengirimannya sudah berhasil tetapi bagaimana jika berbeda vlan? mari kita buktikan



Dan gagal karena berbeda vlan. Meskipun mereka satu jaringan tapi telah kita setting vlan maka vlan akan menggantikan IP Network. Jadi vlan mirip seperti network jika mereka berbeda maka kita juga tidak bisa saling transfer data.


Ok sekian pembahasan kali. Terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco | Lab 6 - Intervlan

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management