Cisco | Lab 2 - Menghubungkan Jaringan dengan SWITCH

 Halo temen-temen, apa kabar kalian hari ini?


Ok, dipostingan sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana sifat HUB dalam mentransfer data( Cisco | Lab 1 ). Nah kali ini kita akan membahas hal yang sama yaitu tentang bagaimana sifat SWITCH dalam mentransfer sebuah data. 

Kurang lebih seperti itu implementasinya.Sama seperti postingan sebelumnya kita akan menghubungkan 4 PC ke sebuah Switch dan mencoba untuk transfer data untuk mengetahui bagaimana sifat si Switch. Ok kita langsung setting aja.

Pertama, pastikan PC kalian telah mempunyai IP. Jika belum kalian bisa terlebih dahulu atau kalian bisa lihat seperti di postingan saya yang sebelumnya Cisco | Lab 1

Setelah mendapat IP, kita akan mencoba transfer data dari pc 1 ke pc liannya.




Ok, dari sini kita bisa lihat bahwa data telah berhasil dikirim dan tidak seperti HUB yang akan mem-broadcast semua cient. Di switch dia langsung mengirim ke alamat yang ia tuju. Jadi bisa disimpulkan bahwa switch bisa lebih baik dalam transfer data. Namun semua punya lebihan dan kekurangan, ada saatnya kita perlu HUB dan juga ada saatnya kita perlu menggunakan switch.


Jadi seperti itu lah pembahasan kali ini. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco | Lab 6 - Intervlan

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management