Cisco | Lab 5 - Konfigurasi Vlan dan Trunk dengan Switch

 Halo temen-temen, apa kabar kalian semua?


Di postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Vlan ( Cisco | Lab 4 ). Nah disini kita akan menghubungkan 2 Switch dimana nantinya akan kita gunakan trunk agar PC1 yang berada di SW1 dapat mengirim data pada PC5 yang berada di SW2 dengan vlan yang sama.

Jadi seperti itu implementasinya. Setiap Switch kita memiliki 4 PC dan 2 Vlan dimana nantinya akan kita hubungkan antara Switch 1 dengan Switch 2.

Kita langsung setting aja. Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan agar tidak bosan :)

Pertama pastikan PC kalian sudah memiliki IP Address. Lalu setting vlan seperti pada postingan sebelumnya Cisco | Lab 4 - Konfigurasi Vlan .

Jika kalian sudah selesai membuat vlan, kita akan coba tes mengirim data dari PC1 yang berada pada SW1 ke PC5 yang berada pada SW2.


Dan disini tidak bisa ya. Terus bagaimana agar PC1 bisa berkomunikasi dengan PC5? Nah kita perlu menggunakan Trunk pada SW1 dan SW2.

Kita pilih Interface yang menuju pada SW2 dan sebaliknya. Lalu ketikan saja switchport mode trunk atau sw mo tr juga bisa. Dan lakukan juga hal yang sama terhadap Sw2. 


Nah jiika sudah mari kita tes.



Dan bisa kalian lihat mereka bisa kirim data. Untuk syarat kirim data masih tetap sama yaitu dengan vlan yang sama jadi jika vlan berbeda maka dia akan failed atau tidak bisa mengirim data.


Ok sekian pembahasan dari saya. Jika ada yang salah atau kurang saya mohon maaf. Terimakasih sudah mampir :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco | Lab 6 - Intervlan

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management