Cisco | Lab 1 - Mengubungkan PC dengan HUB

 Halo temen-temen, gimana kabar kalian?


Kali ini kita akan belajar mengenai Cisco Packet Tracer. Apa itu Cisco Packet Tracer? Packet Tracer adalah sebuah cross-platform visual simulasi alat yang dirancang oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan dan meniru modern jaringan komputer( sumber : wikipedia ). Ok jadi disini kita akan menghubungkan PC dengan sebuah HUB dan kita coba untuk transfer data. Disini kita akan tau bagaimana sifat si HUB dalam mentransfer data. Langsung saja kita laptop


Jadi seperti ini implementasinya. Kita asumsikan bahwa kita mempunyai 4 pc dan pc tersebut terhubung oleh sebuah HUB. Di pc kita akan men-setting ip address sesuai ketentuan lalu kita akan mencoba men-transfer data dan kita lihat bagaimanakah sifat si HUB ini dalam mentransfer data.

Ok, pertama kita setting IP Address pada pc. Untuk IP disini saya akan samakan dengan gambar diatas.


PC 1

PC 2

PC 3

PC 4

Setelah itu, kita akan melakukan kirim email antara pc 1 dengan pc lainnya.

 

PC 1 ke PC 2

PC 1 ke PC 3

PC 1 ke PC 4


Nah jika kalian bisa lihat saat kita men-transfer sebuah data ke suatu pc, data yang kita transfer akan di Broadcast ke semua pc yang terhubung. Tapi jangan khawatir, ini bukan berarti data kalian akan masuk ke semua pc. Jadi kesimpulannya, jika kita menggunakan HUB data yang akan kita kirim akan dibroadcast ke semua client dan memastikan client mana yang menjadi tujuan si data. Dan semakin banyak data yang di transfer, maka makin lama punya kecepatan transfer data.

 

Ok mungkin itu dulu, jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih bagi yang sudah mampir. Semoga bermanfaat :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco | Lab 6 - Intervlan

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management