Linux Text Editor


Apa itu Text Editor ?

Text Editor adalah salah satu alat yang digunakan untuk menambahkan atau merubah isi dari suatu berkas. Text Editor biasanya memiliki fitur-fitur khas yang dapat digunakan dengan mudah. Jenis dari Text Editor bermacam-macam , misalnya programming text editor , document text editor , dan sebagainya.

Apa saja Text Editor yang terdapat dalam Linux ?

Linux memiliki bunch of supported text editors. Text Editor tersebut dapat diunduh dari berbagi sumber terpecaya. Namun , Linux juga memiliki Text Editor yang telah terpasang secara otomatis. Text Editor ini dapat diakses melalui terminal. Berikut adalah Text Editor dalam Linux yang dapat diakses nelalui terminal.
VI TEXT EDITOR

Vi Text Editor adalah salah satu Text Editor yang cukup sering digunakan dalam Linux. Dan Text Editor ini tersedia hampir diseluruh Linux Distribution. Text Editor yang satu ini adalah Text Editor yang sangat cocok sekali untuk menulis ataupun merubah isi programming-codes. Text Editor ini dapat digunakan untuk melakukan editting pada segala jenis teks.

SINOPSIS PENGGUNAAN VI TEXT EDITOR :

vi [options] [file…]


VI MODES :

Vi Text Editor memiliki tiga mode , yaitu command mode , input mode , dan last line mode.
Command mode

Ketika kalian pertama kali masuk ke Vi Text Editor , kalian akan berada pada mode ini. Didalam mode ini , kalian tidak dapat menulis secara bebas seperti pada Text Editor pada umumnya. Namun , didalam mode ini , penulisan ataupun pengontrolan dilakukan melalui perintah atau command.


a. DELETE COMMAND

Delete Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menghapus karakter dibawah cursor. Untuk melakukan Delete Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekan huruf x pada keyboard kalian. Selain menekan huruf x , kalian juga dapat menekan huruf d dua kali (dd) pada keybard kalian untuk menghapus karakter dibawah cursor.


B. MOVE THE CURSOR COMMAND

Move The Cursor Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menggerakan cursor. Untuk melakukan Move The Cursor Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekan huruf k untuk menggerakan cursor ke atas , huruf j untuk menggerakan cursor ke bawah , huruf h untuk menggerakan cursor ke kiri , dan huruf l untuk menggerakan cursor ke kanan.


c. MOVE THE TEXT COMMAND

Move The Text Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menggeser teks ke kiri maupun ke kanan sebanyak satu Tab. Untuk melakukan Move The Text Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian geserlah cursor ke teks yang telah kalian pilih. Setelah itu , tekanlah > sebanyak dua kali (>>) untuk menggeser teks sebanyak satu Tab ke kanan dan tekanlah < sebanyak dua kali (<<) untuk menggeser teks sebanyak satu Tab ke kiri.


D. UNDO CHANGE COMMAND

Undo Change Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk membatalkan perubahan pada teks. Untuk melakukan Undo Change Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah huruf u pada teks untuk membatalkan perubahan terakhir dan tekanlah U untuk membatalkan semua perubahan yang dilakukan pada line.


E. SCROLLING COMMAND

Scrolling Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menggulung layar. Untuk melakukan Scrolling Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah z pada teks yang telah kalian pilih.
SEBELUM MELAKUKAN PERINTAH SCROLLING
SETELAH MELAKUKAN PERINTAH SCROLLING




F. REPLACE COMMAND

Replace Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menggantikan isi dari sebuah teks. Untuk melakukan Replace Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah huruf r pada keyboard kalian.


G. CHANGE THE CASE COMMAND

Change The Case adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk merubah huruf besar pada suatu teks ke huruf kecil ataupun sebaliknya. Untuk melakukan Change The Case Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah ~ pada teks yang telah kalian pilih.


H. FIND COMMAND

Find adalah suatu perintah dalam Command Mode ynag digunakan untuk mencari atau menggantikan isi dari sebuah teks. Untuk melakukan Find and Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah /[your words] pada keyboard kalian dan sertakan kata yang ingin kalian cari. Contoh : /donat. Jika kalian mencari karakter akhir dari sebuah kata , tekanlah /[your words]. Contoh : /\gendut.


I. COPY COMMAND

Copy Command adalah suatu perntah dalam Command Mode yang digunakan untuk menduplikasikan sebuah teks ataupun kata. Untuk melakukan Copy Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah huruf y sebanyak dua kali (yy) pada teks yang telah kalian pilih.


J. PASTE COMMAND

Paste Command adalah suatu perintah dalam Command Mode yang digunakan untuk menempelkan kata. Untuk melakukan Paste Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah huruf p pada keyboard kalian.

INPUT MODE

Didalam Input Mode ini , kalian dapat menulis dan menambahkan isi dari sebuah berkas. Untuk masuk ke mode ini , tekanlah huruf i pada keyboard ketika kalian berada pada Command Mode. Untuk menambhakan newline , masuklah ke Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Setelah itu , tekan huruf o pada keyboard kalian.

LAST LINE MODE

Last Line Mode digunakan untuk menuliskan perintah saving-closing file ataupun quitting. Untuk melakukan Saving and Closing File Command ini , masuklah kedalam Command Mode dengan menekan esc pada keyboard. Kemudian tekanlah Shift + zz untuk menyimpan berkas dan keluar , tekanlah :w untuk menyimpan berkas dan tetap membukanya , tekanlah :q untuk keluar tanpa menyimpan berkas , dan tekanlah :wq untuk menyimpan berkas dan keluar.

PICO(NANO) TEXT EDITTOR

Pico(Nano) Text Editor adalah salah satu Text Editor yang populer dalam Linux. Pico text Edittor ini bersifat user-friendly. Dibagian bawah Pico(Nano) Text Editor ini terdapat beberapa opsi yang memudahkan kita untuk menggunakan Text Editor ini.

SINOPSIS PENGGUNAAN PICO(NANO) TEXT EDITOR:

pico [file’s name]

Atau

nano [file’s name]
TAMPILAN NANO (PICO) TEXT EDITOR

JOE TEXT EDITOR

Joe Text Editor adalah salah Text Editor yang cukup sering digunakan. Text Editor Joe ini sendiri memiliki beberapa perintah khusus yang digunakan untuk menulis atau menambahkan isi dari sebuah berkas.

SINOPSIS PENGGUNAAN JOE TEXT EDITOR :

joe [file’s name]

MC (Midnight Commander) TEXT EDITOR

Midnight Commander (MC) Text Editor ini adalah salah satu Text Editor yang menarik. Midnight Commander (MC) Text Editor ini juga dikenal sebagai Text Editor yang sederhana.

SINOPSIS PEMGGUNAAN MC (Midnight Commander) TEXT EDITOR :

mc -e [file’s name]

Referensi : https://raflinotes.school.blog/2020/03/30/linux-text-editor/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco | Lab 6 - Intervlan

HTML | Dasar HTML

Linux User and Group Management